Senin, 28 Januari 2013

Resep Bubur Bayi (10m+) : Bubur ungu uduk + sop ikan Patin


Bahan Bubur Uduk Ungu:
Beras, Santan segar, Sere, Daun salam, teri medan cincang, parutan ubi ungu

Cara membuat bubur :
Masak beras dengan santan, masukkan sere, daun salam dan teri cincang, setelah setengah matang masukkan parutan ubi ungu. Masak hingga matang

Bahan dan cara membuat Sop Ikan Patin :
Rebus Patin dengan air dan bawang putih cincang, lalu masukkan brokoli, dan wortel. Setelah matang masukkan unsalted butter 
Rebus 

Resep Bubur Bayi (10m+) : Bubur Merah Uduk


Aslinya sama kayak resep yang bubur uduk, bedanya ditambah ayam cincang sama tabahan bit ^___^

Bahan Bubur Uduk :
Beras, Santan segar, Sere, Daun salam, daging ayam cincang, parutan bit

Cara membuat bubur :
Masak beras dengan santan, masukkan sere, daun salam dan daging ayam cincang, setelah setengah matang masukkan parutan bit. Masak hingga matang

Resep Bubur Bayi (10m+) : Bubur Uduk + Bihun Sayur



Ne edisi hari Jumat kemarin, pengen ngaih Keyvano santen heheheheh telat ngasihnya padahal santen dah bisa dikasih buat baby 8m. Bikin aja deh bubur uduk yang terinspirasi dari nasi uduk :D

Bahan Bubur Uduk :
Beras, Santan segar, Sere, Daun salam, Ceker

Cara membuat bubur :
Masak beras dengan santan, masukkan sere, daun salam dan ceker. Masak hingga matang

Bahan dan Cara membuat Bihun Sayur :
Masak bihun hingga matang, masukkan parutan sawi, brokoli, dan wortel. Masak hingga matang lalu masukkan unsalted butter.

Rabu, 23 Januari 2013

Apa yang Harus Dilakukan Bila Anak Demam?

dr. Fransiska Sri Susanti, Sp.A.
RS PMI Bogor
Demam adalah reaksi tubuh kita terhadap sesuatu yang mengganggu tubuh kita, misalnya adanya infeksi kuman, benturan terhadap jaringan, dll. Demam berfungsi untuk mengatasi gangguan tadi, dan diharapkan gangguan tadi akan hilang. Jadi, demam sebetulnya bukanlah musuh kita, melainkan teman kita.
Walaupun begitu, banyak orang tua khawatir melihat anaknya demam. Mengapa? Karena umumnya orang tua khawatir terjadi sesuatu yang membahayakan anaknya. Hal ini amat sangat dapat dimengerti. Anak yang demam seringkali rewel, menangis terus menerus, tidak mau makan, tidak mau minum, bahkan sebagian kecil ada yang kejang karena demam. Jadi, bagaimana sikap kita sebaiknya bila anak demam?
1. Pastikan betulkan demam?
Ukur suhu badan anak dengan termometer yang baik. Lakukan dengan benar supaya didapat hasil pengukuran yang benar. Jangan mengukur suhu dengan sekedar menempelkan telapak tangan karena sensasi suhu yang didapat sangat dipengaruhi suhu lingkungan dan suhu tangan Anda sendiri. Pengukuran ini juga diperlukan untuk menentukan kapan anak diberi obat penurun panas, dan juga sebagai data kepada dokter saat berobat. Pola suhu berhubungan dengan jenis penyakitnya, sehingga memudahkan dokter memperkirakan diagnosis pada anak.
2. Perbanyak minum.
Anak yang demam akan membutuhkan lebih banyak cairan karena banyak cairan yang keluar lewat keringatnya. Cairan ini dapat berupa air putih, asi, susu, teh manis, jus buah, kuah sayur, bahkan bila perlu cairan infus bila anak tidak bisa minum.
3. Turunkan suhu permukaan tubuh
Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres. Bagaimana cara mengompres yang benar? Tujuan mengompres adalah membuka pembuluh darah tepi, sehingga makin banyak darah bisa mengalir dan membawa panas badan dari dalam badan dan dibuang melalui permukaan kulit. Untuk membuka pembuluh darah tepi yang benar adalah dengan mengompres memakai air hangat kuku atau air suhu ruangan, bukan air dingin atau air es. Air dingin atau air es menyebabkan pembuluh darah tepi menutup sehingga justru tidak dapat membuang panas. Juga tidak diperbolehkan mengompres dengan alkohol karena alkohol hanya menimbulkan sensasi dingin tetapi tidak banyak membantu menurunkan suhu, dan adanya kekhawatiran terhirupnya uap alkohol atau terserapnya alkohol melalui kulit, menyebabkan keracunan alkohol.
TEmpat yang tepat untuk mengompres adalah pembuluh darah besar, yaitu di kiri kanan leher, ketiak, dan lipat paha. Kesulitannya adalah sebagian besar anak tidak suka bila hal ini dilakukan. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyeka seluruh badannya. Mengompres hanya dahinya tidak membantu banyak. Bila perlu dapat juga anak duduk berendam di air hangat sambil dibasuh seluruh tubuhnya.
Untuk menurunkan suhu permukaan tubuh juga tidak diperbolehkan memakai pakaian tebal, selimut tebal, dsb. Panas tubuh tidak akan bisa keluar. Sebagian anak sering tampak menggigil bila demam, atau tangan dan kakinya dingin. Ini menandakan suhu badan masih akan naik. Dalam hal seperti ini boleh dipakaikan selimut dan sarung tangan serta kaos kaki, tetapi setelah menggigilnya hilang segera lepaskan semua tadi, dan mulailah mengompres.
4. Obat penurun panas.
Haruskah anak minum obat panas bila demam? TIDAK HARUS. Mengapa? Karena kita tahu bahwa panas adalah sahabat kita. Panas hanya perlu dihilangkan bila panas itu mengganggu. Jadi bila anak tidak rewel, tidak pernah kejang, dsb, tidak harus memberikan obat penurun panas. Fungsi obat penurun panas di sini lebih banyak sebagai penghilang nyeri, untuk membuat anak lebih nyaman. Umumnya obat penurun panas hanya menurunkan suhu sekitar 1-1,5 derajat celcius, sehingga kesannya panas tidak hilang. Umumnya obat penurun panas diberikan bila suhu badan mencapai 38-38,5 derajat celcius.
Obat yang bisa dipakai pada anak adalah parasetamol dan ibuprofen. Kedua obat ini mempunyai efektifitas dan tingkat keamanan yang kurang lebih sama, tetapi ibuprofen lebih berisiko bila diberikan pada kondisi di mana anak sedang terganggu sistem pembekuan darahnya, misalnya pada demam berdarah.
Parasetamol diberikan dengan dosis 10-15 mg/kg/kali. Dapat diulang minimal 4 jam, dan maksimal diberikan 5x sehari.
Ibuprofen diberikan dengan dosis 5 mg/kg/kali bila suhu 38 derajat celcius, dan 10 mg/kg/kali bila suhu badan 39 derajat celcius. Dapat diulang minimal 6 jam, dan maksimal diberikan 4 x sehari.
5. Cari penyebab panas
Mencari penyebab panas perlu dilakukan agar panas tidak terjadi berlarut2. Umumnya bila anak dalam kondisi baik setelah 72 jam panas perlu dicari penyebab panasnya. Bawalah anak ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh, bahkan seringkali diperlukan pemeriksaan laboratorium. Bila anak dalam kondisi lemah sekali, tidak mau makan dan minum sama sekali, kencingnya sedikit, apalagi disertai penurunan kesadaran, tidak boleh menunggu 72 jam, segeralah bawa anak Anda ke dokter.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu para orang tua dalam bertindak saat anak panas, supaya tidak terjadi kepanikan yang tidak perlu, atau sebaliknya terlalu meremehkan panas, sehingga anak jatuh dalam kondisi berat. Terima kasih.

https://www.facebook.com/groups/roomforchildren/doc/203618003001869/

Video Dedy Corbuzier Tentang Sekolah



Habis dengerin videonya Dedi Corbuzier tentang sekolah
"masa depan anak tidak tergantung dari nilai rapot bagus pa tidak, masa depan anak tidak tergantung dari naik kelas tidaknya anak, masa depan anak tidak tergantung dengan nilai merah atau tidak, tidak perlu takut untuk tidak naik kelas, tidak perlu takut anak dapat nilai jelek"

hmmmm itu menurut dedi, menurut saya membimbing anak untuk berprestasi disekolah, untuk naik kelas, untuk mempunyai nilai bagus itu wajib dilakukan orang tua tanpa memaksakan minat anak. Setiap anak memang mempunyai minat tersendiri di suatu pelajaran atau di suatu bidang, itu perlu diasah, tapi bukan berarti menyepelekan pelajaran lainnya. Berprestasinya anak disekolah bukan dipelajaran aja kan, bisa di mata pelajaran minat bakat seperti musik, olahraga, seni rupa.

Inget jaman SD, bagaimana sabarnya mama ngajarin aku dulu. Mama lebih ahli di IPS, tapi anaknya ini minat ke matematika, mau gak mau mama ikut belajar lagi. Mama gak maksain aku harus pinter di IPS, IPS pelajaran paling memusingkan dengan hapalan yg bikin puyeng. Gak perlu dipaksa mama, justru malu sendiri kalo gak dpt rangking di sekolah, justru merasa malu kalo nilai jelek di sekolah.

Ntar Keyvan mau apa mama bimbing ya Nak, mau jadi insinyur, pengusaha, jadi pembuat kapal kayak papa, jadi perekayasa kayak mama, atau jadi lainnya bakal mama bimbing. ^___^

TERNYATA MENGGUNCANG BAYI BERBAHAYA



Tahukah Anda, beberapa tahun silam, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” –> Salah satu pemicunya ini adalah guncangan pada tubuh bayi.


Pernah melihat orangtua yang melempar-lemparkan bayinya ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa? Atau mengguncang-guncang bahunya keras sambil berekspresi lucu?

Jika Anda melakukan demikian, maka berhentilah segera. Dan jika melihat orang lain berbuat begitu pada bayi mereka, cegahlah, karena sangat berbahaya.

Selain itu, rata-rata sekitar 100 bayi di Jerman setiap tahun mengalami kerusakan parah di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya, yang hampir di semua kasus, “terlalu terbebani”.

Laporan mengenai angka tersebut berdasarkan sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang mengalami trauma akibat diguncang-guncang, sebenarnya lebih tinggi lagi.

“ Guncangan keras selama lima detik saja sudah cukup untuk merusak fungsi-fungsi otak,” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi tersebut.”

Mengapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian?

Menurut ahli kedokteran tadi, ini dikarenakan bayi yang masih sangat muda belum bisa menahan kepalanya sendiri lantaran otot lehernya yang lemah. Akibatnya, jika bayi terguncang badannya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan belakang.

Goyangan ini yang mengakibatkan kerusakan otak serta pendarahan di dalam otak dan pada permukaan otak, sehingga dapat menimbulkan masalah serius pada otak sang bayi, dan dapat mengakibatkan masalah yang berlangsung permanen, seperti :

1.Kerusakan otak 2.Cerebral palsy 3.Kebutaan 4.Epilepsi 5.Kesulitan berbicara 6.Kesulitan belajar 7.Kesulitan koordinasi 8.Serangan jantung 9.Keterbelakangan mental

Berikut adalah TIPS untuk Mencegah:

1.JANGAN PERNAH MENGGUNCANG BAYI di bawah umur 3 tahun, dengan alasan apapun juga. 2.Saat Anda menggendong bayi anda, JANGAN LUPA UNTUK SELALU MENYANGGA KEPALA bayi Anda dengan tangan. 3.Beritahukan pentingnya melindungi kepala bayi Anda KEPADA BABY SITTER atau pengasuh bayi anda. 4.PASTIKAN semua orang yang dekat dan sering menggendong bayi anda tahu benar bahayanya seorang bayi jika diguncang-guncang atau digoyang. 5.Jika dengan sengaja/tidak sengaja, anda mengguncang-guncang bayi anda, SEGERA BAWA BAYI ANDA KE DOKTER untuk diperiksakan. Pendarahan di dalam otak hanya dapat diobati jika anda segera memberitahukan kepada dokter bahwa anda baru saja mengguncang bayi anda. Cara ini akan menyelamatkan.

Pada beberapa orang anak bahkan dapat menimbulkan kematian. Ini dikenal dengan shaken-baby-syndrome. Kenapa berbahaya?

1. Bayi memiliki kepala lebih besar dibandingkan dengan anggota tubuh yang lain, dan otot lehernya masih lemah. Jika diguncang, kepalanya akan tersentak ke depan dan ke belakang. 2. Sentakan-sentakan itu akan mengguncang otak dan merusaknya. 3.Pembuluh darah kecilnya akan ikut rusak, menimbulkan pendarahan di otak dan sekitarnya, dan juga di mata bayi.

Resiko terbesar adalah pada bayi dibawah satu tahun, tapi tidak menutup kemungkinan dapat terjadi di usia yang lebih besar. Yang harus diwaspadai adalah guncangan-guncangan ini dapat terjadi justru ketika kita asyik bermain dengan sang bayi.

Karenanya ada beberapa permainan dan aktivitas yang harus dihindari untuk mencegahnya, antara lain :

1. Melempar bayi ke udara. 2.Lari-lari sambil membawa bayi di punggung atau di kepala. 3.Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang). 4.Memutar bayi.

Jangan lupa mengingatkan orang-orang di sekitar sang bayi, seperti saudara-saudaranya, pengasuhnya, kakek-neneknya, untuk tidak mengguncang bayi.

https://www.facebook.com/groups/tambatasitambahcinta/doc/472249896170485/

Resep Bubur Bayi (10m+) : Bubur Ungu + Saos Putih



Ne bubur serba salmon. Keyvano masih batpil jadi harus makan makanan yang sehat dan bergizi.
Caritanya diajak papa ke pemandian air panas, jadi bikin menu yang gak bbisa tumpah2 deh :D

Bubur Ungu 
Bahan : Ubi ungu, beras putih, salmon cincang, tahu cincang, tomat cincang
Cara Membuat : rebus beras dan salmon cincang dengan air, lalu setengah matang masukkan ubi ungu dan tahu. masak hingga matang. Matikan api, beri unsalted butter. Lalu dinginkan


Saos Putih
Bahan : salmon, maizena, keju
Cara Membuat : masak salmon potong kasar dengan air, lalu berikan keju, setelah matang masukkan maizena. masak hingga mengental

Kamis, 10 Januari 2013

Resep Bubur Bayi (9m+) : Bubur Merah Putih



Ketemu lagi sama mama keyvano :D 
HAri ini mama Key masak Bubur Merah Putih, heheheh kayak Bendera Merah Putih yah ^___^

Bahan bubur merah : beras merah, ceker, air, bit parut, brokoli
Cara membuat : masak beras, ceker, dengan air hingga menjadi bubur. lalu tambahkan parutan bits dan brokoli. masak hingga bubur sempurna.

Bahan sop lobak : lobak, daging ayam cincang, tofu, unsalted butter
cara membuat : masak daging cincang dengan air, lalu masukkan lobak dan tofu. setelah matang masukkan unsalted butter

Selamat mencoba ^_____^

Rabu, 09 Januari 2013

Resep Bubur Bayi (9m+) : Bubur merah pokcoy Saos Bolognase


Menu pagi ini, yummynya minta ampuyn. Ini kesukaaan mama. Terinspirasi dr spagethi, tp kalo pagi gini masak spagethinya buat keyvan agak rempong, jd spagethinya diganti mama sama bubur merah pokcoy ini.

Bahan Bubur :
Beras merah
Pokcoy

Cara Membuat bubur : Masak bubur dengan air lalu masukkan pokcoy. Masak hingga matang

Bahan Saos Bolognase:
Daging sapi cincang
EVOO untuk menumis
Keju
Tomas parut
Wortel parut
Kyori parut
Bawang putih dicincang

Cara membuat :
Tumis bawang putih cincang dengan evoo, masukkan daging. tumis hingga setengah matang.
Masukkan tomat parut, wortel dan kyori.
Tambah air
Masak hingga matang
masukkan unsalted butter dan Keju

Hidangkan dengan menuang saos diatas bubur.
Sajikan ke baby anda
Selamat mencoba ^___^

Selasa, 08 Januari 2013