Kamis, 18 April 2013

Jika Anak Diberi Konsumsi Ikan Sejak Dini, Risiko Alerginya Berkurang

 Ikan dan seafood lain sering masuk dalam daftar makanan pemicu alergi. Agar tak terjadi alergi pada anak tenyata konsumsi ikan dianjurkan untuk diberikan sejak usia dini.

Sebuah studi di Swedia melibatkan 3.000 anak untuk melihat lebih jauh efek konsumsi ikan secara teratur dan menurunnya angka anak penderita alergi. Alergi yang diteliti mulai dari alergi musiman, alergi dalam ruangan, dan eczema.

Studi menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan per bulan mengalami 75 % penurunan risiko terjadinya alergi. Walaupun sudah banyak studi yang meneliti hubungan konsumsi ikan dan alergi, terjadi pergeseran pemikiran bahwa anak harus diperkenalkan dengan beragam makanan sejak usia dini.

Dilansir dalam Fox News (18/04/2013) pola makan anak yang kaya ikan telah banyak dilakukan di area Mediterania. Diet Mediterania sendiri menekankan pentingnya konsumsi buah, sayuran, bijian utuh, minyak zaitun, dan biji-bijian. Kunci penting dalam diet ini juga melibatkan konsumsi ikan rendah merkuri dan seafood.

Sebuah studi yang melibatkan sekitar 460 anak yang tinggal di Minorca (Pulau Spanyol di Mediterania) menemukan bahwa anak dengan pola makan kaya sayuran cenderung mengidap alergi dan asma 62 % lebih kecil.

Studi yang sama juga menunjukkan anak yang mengonsumsi lebih dari 60 gram ikan per hari mempunyai risiko 57 % lebih kecil terbukti positif dalam tes alergi. Walaupun hubungan antara diet Mediterania dan alergi belum diketahui, penemuan ini bisa menjadi awal studi selanjutnya.

sumber : http://food.detik.com/read/2013/04/18/143859/2223919/1345/jika-anak-diberi-konsumsi-ikan-sejak-dini-risiko-alerginya-berkurang?d991101284

0 comments:

Posting Komentar

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya