Jumat, 09 Maret 2018

Batuk-Pilek Tanpa Obat? Bisa!

Source : Pixabay

Beberapa kali saya mendapati curhatan teman yang anak nya batuk-pilek dan demam. Wajar jika seorang ibu khawatir bila anak batuk terus menerus, hidung tersumbat, rewel, muntah, dan demam. Tak jarang para ibu segera membawa nya ke dokter. 

Dengan menerapkan Rational Used Medicine (RUM), berikut home threatment yang biasa saya berikan bila anak-anak batuk-pilek. Cekidots yuk!

Kenali dulu Batuk-Pilek. Batuk Pilek aka common cold merupakan infeksi virus yang akan sembuh dengan sendirinya. Begitupun dengan tidak perlunya penggunaan antibiotik. 

Olesi balsam pada dada dan punggung anak. Pemberian balsam disesuaikan jenisnya dari umur anak. Olesi tipis hingga tidak panas di kulit. Amati kulit anak khawatir alergi terhadap balsam. 

Ajak Jalan Pagi. Saat cuaca cerah matahari akan bersinar di pagi hari. Ini waktu yang tepat untuk mengajaknya jalan pagi. Selain aktivitas bermain menyenangkan, juga membiarkan si kecil mendapatkan sinar matahari pagi. 

Pijat lembut si kecil. Jika tanda-tanda batuk sudah muncul, biasanya saya menijat si kecil dengan oil "cold and flu". Konon akan membuat gejala batuk pilek anak akan membaik.

Beri makanan berkuah. Pemberian makanan berkuah seperti sop, soto, rawon, dsb akan membantu si kecil ketika batpil. Selain melegakan tenggorokan, juga  membantu kebutuhan cairannya tercukupi. 

Bersiap jika anak muntah. Kakak Key akan sering muntah jika batpil. Muntah inilah yang membantu dahak untuk keluar. Tetap pantau si kecil dengan tak lupa mengembalikan cairan yang telah keluar. 

Jika hidung tersumbat, beri bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Mommy bisa juga menidurkan anak dengan dipangku. Jika anak tidak nyaman, bisa memberikan breathy.

Gendong. Dengan menggendong Mshape membuat bayi merasa nyaman dipelukan ibu. Mommy juga bisa melakukan skin to skin dengan anak yang demam

Home treatment batuk pilek dapat dilakukan selama 2 minggu pertama mom. Jika batuk dan pilek lebih dari 2 minggu, segeralah ke dokter. Tetap awasi kondisi si kecil. Jika ada tanda kegawatdaruratan seperti nafas cepat, nafas sesak, dan kesadaran menurun segeralah hubungi atau datangi dokter  pro RUM terdekat ya! 

#tugaskulwapartikel
#kontributor artikel
#ibuprofesionaltangsel

3 komentar:

  1. Iya bener bun kalau batuk pilek itu bisa sembuh dengan sendirinya dan banyakin asupan cairannya. Dan ortunya harus sabar. Biasanya bapil itu suja sampe 2 minggu ya

    BalasHapus
  2. iya memang bisa sih cuman aku suka worry hehe

    BalasHapus
  3. beberap tipsnya sudah pernah saya lakuin mba.
    tapi kalo batpilnya udh bnar2 mengganggu aktifitas biasanya aku ajak kedokter

    BalasHapus

Hai.... Terima kasih sudah membaca tulisan saya